Cara Mudah Cek NISN Siswa

Cara Mudah Cek NISN Siswa - Halo sobat semua, bagaimana sekolah kalian ? Semoga tetap semangat ya. Sebentar lagi mau Ujian Nasional nih. Ett.. itu untuk sobat yang sudah kelas, VI, IX dan XII ya. Bagi kalian yang belum dikelas tersebut tenang saja, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri belajar. Mungkin dari kalian ada yang pernah di suruh guru untuk ngeprint NISN dan bingung bagaimana caranya. Untuk itulah saya membuat artikel ini.


Sebelum menuju bagaimana cara ceknya, saya akan menjelaskan dulu apa itu NISN. NISN adalah nomor atau kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan yang lainnya.

NISN ini diberikan kepada semua siswa, mulai dari SD, SMP, dan SMK/SMA. NISN memiliki angka yang tetap dan digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran siswa didik baru dan bisa dicek melalui website. namun, NISN ini hanya berlaku selama menjadi siswa saja.  

Oke langsung saja cara ceknya :


  1. Sobat silahkan login ke website resmi milik kemendikbud, Ini linknya.
  2. Di dalam nya terdapat 2 pilihan cara ceknya, yaitu dengan pencarian berdasarkan NISN siswa langsung dan pencarian berdasarkan nama.
  3. Pada pencarian berdasarkan NISN, sobat tinggal memasukkan NISN kalian dan nama ibu kandung. Ini merupakan update dari sistemnya, karena sebelumnya kita tidak ada kolom untuk ibu kandung. Setelah selesai klik menu "cari".
  4. Selanjutnya pada pencarian berdasarkan Nama siswa, sobat perlu memasukkan nama, tempat lahir, tanggal lahir dan ibu kandung. Prosesnya pun sama, setelah kalian isi klik menu "cari".
  5. Setelah data yang dimasukkan benar maka sobat tinggal print saja. Namun bagaimana caranya? kan di situs websitenya tidak ada ikon/menu untuk ngeprint ? Tenang saja cobat tinggal menekan tombol "Ctrl + P" pada keyboard. Tapi dengan catatan komputer yang dipakai sudah terhubung dengan mesin printernya ya.

Untuk mempermudah penjelasan diatas sobat bisa lihat gambar dibawah ini.


Cara Cek NISN Siswa


Gambar 1. Pencarian Berdasarkan NISN


Cara Cek NISN Siswa

Gambar 2. Pencarian Berdasarkan Nama


Cara Cek NISN Siswa

Gambar 3. Hasil Pencarian



Perlu sobat ketahui kenapa pada gambar 3 hasilnya tidak ada, karena memang saya memasukkan nama saya sendiri. Mungkin oleh sistem sudah terhapus pada update sebelumnya. Sebab saya sudah lulus... hehehehee....

Itulah tadi artikel tentang bagaimana cara cek NISN yang bisa saya bagikan untuk kalian. Silahkan bila sobat ada masukan dan kritik untuk ditulis pada kolom komentar bawah ya. Jangan sungkan karena dapat membuat web ini lebih maju kedepannya.  Untuk informasi lainnya sobat bisa cari pada bagian label atau artikel populer. Terima kasih sudah berkunjung di edukasi.balbol.com ini. Enjoy guys..

2 Responses to "Cara Mudah Cek NISN Siswa "

  1. trnyta gampang bagt ya min ..makasih min infonya.... izin praktek

    ReplyDelete
  2. @Masmient. Siap gan silahkan dicoba, semoga membantu yaa,,

    ReplyDelete