Dampak Kebakaran Hutan

Dampak Kebakaran Hutan - Kebakaran hutan merupakan salah satu masalah yang sangat serius bagi lingkungan hidup. Kebanyakan ini terjadi pada suatu wilayah yang mengalami musim kemarau sangat panjang. Suhu permukaan yang panas dan daun-daun kering menjadi salah satu penyebab utama. Namun selain karena faktor cuaca dan keadaan tempat, kebakaran hutan ini bisa terjadi karena ulah manusia.  Mereka membakar hutan hanya untuk membuka lahan tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkannya. 


Dampak Kebakaran Hutan


Berikut ini beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya kebakaran hutan :



  1. Sambaran petir yang terjadi disuatu wilayah kering karena musim kemarau yang panjang.
  2. Faktor kecerobohan manusia, misalnya membuang puntung rokok sembarangan dan lupa mematikannya pada perkemahan.
  3. Beberapa oknum yang memang sengaja melakukan pembakaran dengan tujuan pembukaan lahan atau tujuan lainnya. Ini merupakan tindakan vandalisme.
  4. Aktivitas vulkanis seperti terkena lahar yang panas akibat letusan gunung berapi.
  5. Kebakaran yang terjadi di bawah tanah ( ground fire ) pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran diatas tanah pada musim kemarau.

Dampak yang bisa ditimbulkan akibat kebakaran hutan :


  1. Menyebabkan polusi udara karbon dioksida. Ini sangat mengganggu baik untuk hewan dan manusia. Gas yang terhirup bisa menyebabkan sesak nafas, pandangan menjadi terhalang akibat asap dan masalah-masalah kesehatan lain terutama pada sistem pernafasan.
  2. Rusaknya habitat hutan. 
  3. Terbunuhnya hewan dan tumbuhan. Dengan hilangnya banyak tumbuhan akibat kebakaran, tentu suhu udara di daerah tersebut menjadi lebih panas. terlebih untuk spesies hewan yang menjadi ciri khas daerah kebakaran bisa punah.
  4. Asap yang ditimbulkan bisa berdampak pada segi ekonomi, pendidikan, dan agama. Banyak sekolah yang terpaksa diliburkan akibat gangguan asap ini. Pada segi ekonomi masyarakat biasanya dihimbau untuk tidak bepergian terlalu jauh untuk menjaga kondisi kesehatan mereka. Ini juga berdampak pada segi agama. Masyarakat mungkin tidak bisa khusyu dalam beribadah akibat gangguan asap ini.
  5. Dapat meningkatkan jumlah penderita penyakit ISPA dan kanker paru-paru. 
Dengan melihat dampak yang ditimbulkan sangatlah besar, tentu kita sebagai warga negara dan masyarakat wajib menjaga kelestarian lingkungan. Terutama bila daerah kita termasuk wilayah yang banyak hutan. Karena dengan lestarinya alam kita, tentu suasana dan suhu yang kita rasakan akan sangat nyaman. Sebagai contoh adalah wilayah perkotaan yang kebanyakan sudah sangat sedikit tumbuh-tumbuhan. Sangat panas kan suhunya? Berbeda dengan wilayah desa yang memang masih banyak sekali tumbuhan. Sangatlah sejuk.

Lestarikan alam, maka alam akan memberikan kenyamanan untuk kita. Salam sukses untuk sobat Balbol semua.

0 Response to "Dampak Kebakaran Hutan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel