Laporan Membuat Aplikasi Kasir Bengkel Mobil

Laporan Membuat Aplikasi Kasir Bengkel Mobil - Halo sobat Balbol, bagaimana kabarnya ? Semoga sehat ya. Hari ini ada yang berbeda dengan blog ini. Biasanya saya berbagi tentang makalah atau materi-materi pelajaran SMP, SMK dan SMA. Namun sekarang ini saya ingin berbagi sebuah laporan bahasa pemrograman. 

Pada artikel kali ini bertema Laporan Membuat Apliaksi Bengkel Mobil. Di bawah ini laporannya ya guys.. Langsung kepoin..



UAS DASAR PEMROGRAMAN 1
MEMBUAT
APLIKASI KASIR BENGKEL MOBIL







DISUSUN OLEH :

NAMA : KA TUR
PRODI : TEKNIK INFORMATIKA (17 TI C 1 )




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
JATIPURNO
TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Hasil Study Kasus


1. Membuat Desain
Desain yang digunakan ada beberapa opsi. Ada groupbox, edit, combobox, listbox, button, radiobutton, dan label. Berikut hasil desain aplikasi menghitung data transaksi.


2. Membuat coding dari tiap fungsi masing-masing opsi.

a. Combobox (merk mobil). Saat di jalankan aplikasinya, maka bisa memilih opsi mobil antara ‘Toyota’, ‘Daihatsu’, dan ‘Mitsubishi’. Ketika memilih salah satu merk, maka akan muncul jenis mobil pada opsi listbox1 yaitu ‘Sedan’, ‘Mini Bus’, dan ‘Pick Up’. Double klik ‘combobox1’ untuk menginputkan coding dibawah.

b. ListBox1 (Jenis Mobil). Opsi ini untuk menentukan biaya dari jenis tiap mobil. Double klik pada ‘Listbox1’ kemudian ikuti coding dibawah.

c. Button1 (Hitung). Opsi ini adalah langkah untuk menghitung semua harga yang telah dipilih. Ketika button ‘Hitung’ diklik maka semua biaya masuk pada ‘Edit7’. Beriku coding untuk opsi ‘Hitung’.

d. Radiobutton1 (Driver) dan Radiobutton2 (NonDriver). Opsi ini hanya untuk menentukan jasa yang dipilih dan nominal biaya akan tertera pada ‘Edit3’. Berikut codingnya.

e. Edit1 (Keypress). Ini merupakan opsi ketika menginputkan pada ‘edit1’ dan menekan ‘enter’ makan akan pindah secara otomatis pada opsi ‘edit2’. Berikut cara input codingnya. Klik pada ‘edit1’ -  pilih ‘Events’ pada Object Inspector – double klik pada kolom kanan di OnKeyPress- tinggal mengisi coding seperti gambar.
 
f. Button4 (Opertor). Ini opsi untuk mengulang kata yang sudah ada didalam coding. Double klik pada ‘button4’ dan ketk coding dibawah ini:

g. Button2 (Bersih). Ini opsi untuk membersih kan semua data yang telah diisi tanpa terkecuali. Berikut codingnya:

h. Button3 (Keluar). Ini merupakan opsi untuk keluar dari running aplication, dengan ada tambahan yaitu ‘massageBox’ dengan 2 pilihan YES or NO. Jika YES berarti menutup aplikasi, jika NO berati tetap pada aplikasi. Berikut codingnya:

PENUTUP

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan berorientasikan pada objek. Bahasa Pascal mempunyai struktur bahasa yang mudah dipahami. Dalam menjalankan program dari bahasa Pascal dibutuhkan suatu compiler yang berguna untuk mengkompilasi kode yang kita tuliskan menjadi bentuk bahasa mesin sehingga program dapat berjalan.

Itulah laporan membuat aplikasi kasir bengkel mobil yang bisa saya bagikan saat ini, Untuk laporan lain yang lebih hot akan saya bagikan di update berikutnya ya. Jangan lupa share guys.. Semoga dapat membantu sobat semua.

0 Response to "Laporan Membuat Aplikasi Kasir Bengkel Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel