Pengertian Yupa dan Sejarahnya

Pengertian yupa dan sejarahnya - Dalam pelajaran sejarah kita sering mempelajari peninggalan-peninggalan zaman dahulu. Baik saat masa pra sejarah, masa sejarah, zaman kerajaan, dan berbagai masa lainnya. Nah untuk membantu sobat semua dalam belajar, kali ini saya ingin berbagi dulu tentang salah satu peninggalan kerajaan zaman dahulu yaitu yupa


Pengertian Yupa dan Sejarahnya
Sumber gambar : wikipedia

Pusat pemerintahan kerajaan kutai diduga berada di Muarakaman, yaitu hulu Sungai Mahakam. Sekarang Muarakaman adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Sumber-sumber sejarah Kerajaan Kutai adalah beberapa yupa yang dikenal dengan nama Prasasti Mulawarman. Yupa adalah sebuah peninggalan yang berbentuk tugu. Berfungsi sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh kaum Brahmana pada masa itu. Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama para ahli untuk menginterpresentasikan sejarah kerajaan kutai. Ada 4 buah yang ditemukan pada tahun 1879 dan 3 buah yupa lainnya ditemukan pada tahun 1940 di daerah aliran Sungai Mahakam. 

Yupa ini dibuat oleh para Brahmana karena kemurahan raja Mulawarman. Di dalam agama Hindu, sapi tidak boleh disembeli seperti pada umat Islam. Dari salah satu yupa ini lah diketahui pada saat itu di pimpin oleh Raja Mulawarman. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana. Berdasarkan perbandingan bentuk huruf yang dipakai pada prasasti Mulawarman dengan prasasti di India, dapat disperkirakan bahwa yupa tersebut berasal dari abad 4 masehi.

Huruf yang dipakai dalam penulisannya adalah huruf Pallawa sedangkan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sansekerta. Penulisannya dalam bentuk syair.


Isi dari prasasti yupa tersebut antara lain sebagai berikut.


  1. Kerajaan Kutai diperintah oleh Maharaja Kundunga yang memiliki anak bernama Aswawarman. Sedangkan Aswawarman memiliki tiga anak, salah satunya Mulawarman.
  2. Kudunga merupakan nama asli Nusantara, adapun Aswawarman merupakan nama India. Dengan demikian, Aswawarman yang membuat Wangsakarta ( dinasti/keluarga ).
  3. Agama yang dianut di Kutai yaitu agama Hindu aliran pemuja Siwa, yang di duga berasal dari India Selatan karena penggunaan nama "Warman" merupakan kebiasaan dari India Selatan.
Itulah tadi pengertian yupa dan sejarahnya yang bisa saya bagikan untuk sobat. Nanti pada update selanjutnya akan saya tambah lagi untuk artikelnya. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat ya. 

Jangan lupa share ke teman-teman yang lain juga. Artikel atau informasi lainnya bisa sobat cari di bagian label blog ini. Salam sukses untuk kalian guys..


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Yupa dan Sejarahnya"

Posting Komentar