Makalah Candi Prambanan

Makalah Candi Prambanan - Halo sobat Balbol. Update artikel lagi nih.. Kali ini saya ingin berbagi sebuah artikel makalah candi prambanan. Sekarang kan lagi musim study tour, tentunya kalian akan diberikan tugas membuat makalah. Nah.. untuk itulah agar bisa mempermudah kalian saya membuat artikel makalah tersebut. Ini khusus untuk sobat yang study tour ke candi prambanan ya. Tapi kalian juga bisa mengutip beberapa artikel untuk dijadikan tambahan referensi di makalah kalian.

Langsung saja dibawah ini makalahnya, tunggu apa lagi langsung kepoin guys



MAKALAH 

CANDI PRAMBANAN


Makalah Candi Prambanan



Disusun Oleh :


Nama

1. Mega ( 01 )
2. Kencana ( 02 )
3. Jailani ( 03 )
Kelas : IPA



SMK NEGERI 2 SEMARANG

TAHUN PELAJARAN 2019/2020



KATA PENGANTAR




Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmad dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas berupa Makalah  Candi Prambanan dengan baik.




Dengan terselesaikannya makalah ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah membimbing kami. 


Dan juga kepada teman-teman yang telah ikut memberikan saran dan menyelesaikan pembuatan makalah ini dari awal sampai dengan tercetaknya Makalah Candi Prambanan Ini. 




Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. 



Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat membantu dalam proses belajar.


Jakarta,   Maret 2020

Penulis




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
2. Perumusan Masalah
3. Tujuan Penulisan
4. Manfaat Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
Keindahan Candi Prambanan
BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan
2. Penutup



BAB I 

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Candi Prambanan adalah candi yang terletak di Jalan Raya Solo dan Yogyakarta No. 16, di Desa Kranggan, Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini merupakan candi peninggalan pada zaman Hindu-Budha yang dibangun oleh raja-raja dari dinasti Sanjaya tepatnya pada abad IX. 

Candi Prambanan mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Disanalah terciptanya legenda candi prambanan yang menurut cerita dibangun dalam kurun waktu semalam. Bagi masyarakat setempat dan Indonesia candi ini merupakan tempat yang sangat indah dan menjadi destinasi wisata yang sangat diminati. Bagi umat Hindu-Budha pada khususnya candi ini menjadi salah satu tempat peribadatan mereka. 

Meski sudah berpuluh tahun, candi ini tetap masih terpelihara dengan baik. Selain sebagai tempat wisata dan peribadatan candi ini juga bisa dijadikan tempat penelitian untuk menggali berbagai informasi dan nilai-nilai didalamnya.

2. Perumusan Masalah
a. Dimana letak Candi Prambanan ?
b. Bagaimana sejarah Candi Prambanan ?
c. Candi apa saja yang ada didalam kompleks Candi Prambanan ?


3. Tujuan Penulisan
a. Dapat mengetahui lokasi Candi Prambanan
b. Dapat mengetahui sejarah Candi Prambanan
c. Pembaca dapat memahami bagian-bagian yang ada di dalam kompleks Candi Prambanan
d. Serta dapat menjaga dan melestarikan peninggalan nenek moyang

4. Manfaat Penulisan
a. Menambah wawasan dan pengalaman bagi penulis
b. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang salah satu tempat wisata yang sangat diminati di Indonesia
c. Mengetahui apa saja bagian-bagian yang ada di dalam kompleks Candi Prambanan
d. Mengerti dan mencintai negeri Indonesia yang kaya akan pariwisata.



BAB II

PEMBAHASAN


Candi Prambanan merupakan kelompok percandian Hindu yang dibangun pada abad ke IX, yaitu pada masa Dinasti Sanjaya dan ditemukannya nama Pikatan pada Candi ini menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung. 

Ini berdasarkan penemuan prasasti berangka tahun 856 M yaitu “Prasasti Siwargrha” yang juga sebagai manifest politik untuk meneguhkan kedudukannya sebagai raja yang besar. Terjadinya perpindahan pusat kerajaan Mataram ke Jawa Timur menyebabkan tidak terawatnya candi di daerah ini. 

Kompleks Candi Prambanan terdiri atas latar bawah, latar tengah, dan latar atas yang makin ke arah dalam makin tinggi letaknya. Untuk luasnya yaitu 390 meter persegi, 222 meter persegi, dan 110 meter persegi.

Candi Prambanan terletak persis diperbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kurang lebih 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta atau kurang lebih 53 km sebelah barat solo. Lebih tepatnya terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Desa Kranggan, Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 

Kompleks percandian ini masuk kedalam 2 wilayah yaitu kompleks percandian bagian barat yang masuk kedalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta serta kompleks bagian timur yang masuk kedalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.


Makalah Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki bagian-bagian percandian, antara lain:

a. Candi Brahma
Candi Brahma memiliki luas 20 meter dengan ketinggian mencapai 37 meter. Didalam Candi Brahma ini terdapat satu-satunya ruangan yang ada berdiri arca Brahma berkepala 4 dan berlengan 4. Salah satu tangannya memegang tasbih dan yang sebelah memegang kamandalu ( tempat air ). 

Keempat wajahnya menggambarkan 4 kitab suci weda yang masing-masing menghadap ke empat arah mata angin. Sebagai Dewa Pencipta ia membawa air karena seluruh alam keluar dari air. Kemudian tasbih menggambarkan waktu yang ada di alam.

b. Candi Angsa
Pada candi ini memiliki luas dasar 13 meter persegi dengan ukuran tinggi mencapai 22 meter.

c. Candi Wisnu
Candi Wisnu mempunyai kemiripan dengan Candi Brahma baik dari segi bentuk, ukuran, relief dan ukurannya. Didalam Candi Wisnu ini terdapat satu-satunya ruangan yang ada berdiri arca Wisnu. 

Pada arca tersebut terlihat Wisnu bertangan 4 yang menggenggam Gada, Cakra, dan Tiram. Pada dinding sebelah dalam candi ini terdapat pahatan relief tentang cerita kresna.

d. Candi Kelir.
Candi kelir memiliki luas dasar 1,55 meter persegi dengan ketinggian mencapai 4,10 meter. Candi ini tidak memiliki tangga masuk seperti candi yang lainnya. Untuk candi ini kemungkinan digunakan sebagai penoak bala.

e. Candi Sudut.
Candi ini memiliki ukuran yang sama dengan Candi Kelir, yaitu memiliki luas dasar 1,55 meter persegi dengan ketinggian mencapai 4,10 meter.

f. Candi Siwa.
Candi Siwa memiliki luas dasar 34 meter persegi dan tinggi mencapai 47 meter. Candi Siwa merupakan candi yang terbesar dan terpenting. Candi ini dinamakan Candi Siwa karena didalamnya terdapat arca Mahadewa yang merupakan arca siwa terbesar. Bangunan candi ini dibagi atas 3 bagian vertikal kaki, tubuh, dan kepala/atap. Dari bagian-bagian tersebut mempunyai makna yang sangat mendalam. 

Pada bagian kaki candi menggambarkan dunia bawah tempat manusia yang masih diliputi hawa nafsu. Kemudian pada bagian tubuh candi mengandung makna dunia tengah yaitu tempat manusia yang telah meninggalkan keduniawian. Dan pada bagian kepala/atap mengandung makna dunia atas yaitu tempat para dewa. 

Menurut ajaran Trimurti-Hindu yang paling dihormati adalah Dewa Brahmana sebagai pencipta alam kemudian Dewa Wisnu sebagai pemelihara dan Dewa Siwa sebagai perusak.

g. Candi Nandi
Candi Nandi memiliki luas dasar 15 meter persegi dan tingginya juga mencapai 15 meter. Didalam candi ini terdapat satu-satunya ruangan yang berisi arca seekor lembu jantan dalam sikap merdeka. Pada sudut candi terdapat arca Dewa Indra.

h. Candi Garuda
Candi Garuda ini memiliki bentuk, ukuran dan hiasan dinding yang sama dengan candi angsa. Ukuran candi garuda luasnya kurang lebih 13 meter persegi dan tingginya mencapai 22 meter.

i. Candi Apit
Luas dasar pada candi ini yaitu 6 meter dan dengan ketinggian mencapai 16 meter. Candi ini terlihat kosong ruangannya. Kemungkinan digunakan untuk bersemedi sebelum masuk ke bangunan candi induk.



BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan berbagai kesimpulan, antara lain :

a. Candi Prambanan merupakan peninggalan pada masa Dinasti Sanjaya pada abad yang ke IX M.
b. Candi Prambanan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi,
c. Terdapat berbagai macam candi pendukung didalam kompleks Candi Prambanan.
d. Memiliki candi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.


Itulah tadi makalah candi prambanan yang bisa saya bagikan untuk sobat semua. Mudah-mudahan dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas ini. Sebagai penerus bangsa Indonesia kita tidak boleh melupakan peninggalan-peninggalan nenek moyang. Bisa jadi peninggalan tersebut merupakan salah satu harta yang sangat bernilai bagi bangsa kita

Untuk informasi lain sobat bisa mencari di bagian label ya. Saya sangat berharap  kalian memberikan masukan yang membangun untuk kemajuan blog ini, dan bila ada masukan juga saran silahkan cantumkan dikolom komentar. Selamat membaca dan salam sukses buat kalian.

0 Response to "Makalah Candi Prambanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel