Surat Izin Sekolah yang Baik dan Benar

Surat Izin Sekolah - Surat izin merupakan sebuah surat yang dibuat oleh seseorang dikarenakan ada halangan atau keperluan. Beberapa keperluan yang umum dituliskan pada surat izin antara lain karena sakit, ada kepentingan keluarga, ada tugas kantor lain dan beberapa alasan lain yang memang mengharuskan sobat membuatnya. Pada kesempatan sebelumnya saya telah membuat beberapa artikel contoh surat, antara lain lamaran kerja, pengunduran diri, surat kuasa dan beberapa contoh lainnya. Nah kali ini saya ingin membuat surat izin sekolah. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk membantu sobat semua bila sedang sakit dan membutuhkan contoh surat izin sekolah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak di bawah ini yaa.. 



Surat Izin Sekolah



Surakarta, 21 Maret 2019

Alasan tidak masuk sekolah

Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang tidak bisa masuk sekolah. Berikut beberapa contohnya:

Alasan kesehatan:

  • Sakit: Ini adalah alasan paling umum untuk tidak masuk sekolah. Contohnya seperti sakit kepala, demam, batuk, pilek, flu, sakit perut, dan lain sebagainya.
  • Kecelakaan: Kecelakaan dapat menyebabkan luka fisik yang membuat seseorang tidak bisa beraktivitas normal, termasuk pergi ke sekolah.
  • Operasi: Operasi adalah tindakan medis yang membutuhkan pemulihan, sehingga seseorang mungkin perlu izin tidak masuk sekolah untuk beberapa waktu.
  • Penyakit kronis: Ada beberapa penyakit kronis yang dapat membuat seseorang tidak bisa masuk sekolah secara teratur, seperti diabetes, kanker, dan asma.

Alasan pribadi:

  • Keadaan darurat keluarga: Keadaan darurat keluarga, seperti kematian anggota keluarga, bencana alam, atau kecelakaan, dapat membuat seseorang perlu izin tidak masuk sekolah untuk membantu keluarga.
  • Acara keluarga: Ada beberapa acara keluarga yang mungkin mengharuskan seseorang untuk izin tidak masuk sekolah, seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara keagamaan.
  • Keperluan pribadi: Ada beberapa keperluan pribadi yang mungkin mengharuskan seseorang untuk izin tidak masuk sekolah, seperti mengurus dokumen, pergi ke dokter, atau mengikuti tes.

Alasan pendidikan:

  • Kegiatan ekstrakurikuler: Ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin mengharuskan seseorang untuk izin tidak masuk sekolah, seperti mengikuti perlombaan, olimpiade, atau pentas seni.
  • Lomba: Ada beberapa lomba yang mungkin mengharuskan seseorang untuk izin tidak masuk sekolah untuk mengikuti latihan atau perlombaan.
  • Kunjungan wisata pendidikan: Ada beberapa kunjungan wisata pendidikan yang mungkin mengharuskan seseorang untuk izin tidak masuk sekolah, seperti mengunjungi museum, kebun binatang, atau tempat bersejarah.

Alasan lain:

  • Cuaca buruk: Cuaca buruk, seperti hujan deras, badai, atau banjir, dapat membuat seseorang tidak bisa pergi ke sekolah.
  • Mogok transportasi: Mogok transportasi, seperti mogok bus atau kereta api, dapat membuat seseorang tidak bisa pergi ke sekolah.
  • Bencana alam: Bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, atau gunung meletus, dapat membuat seseorang tidak bisa pergi ke sekolah.

Penting untuk diingat bahwa setiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda tentang izin tidak masuk sekolah. Sebaiknya hubungi pihak sekolah untuk mengetahui kebijakan yang berlaku dan untuk meminta izin tidak masuk sekolah.


Contoh surat izin sekolah


1. Format surat izin pendidikan dasar

Pendidikan dasar berbeda dengan pendidikan taman kanak-kanak, siswa sekolah dasar bisa membuat surat izin sendiri. Namu terkadang pihak sekolah telah menyediakan format surat izin.

  • Sekolah Dasar Negeri: jenjang ini pendidikan paling dasar yang ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam). Adik-adik siswa SD bisa membuat surat izi dengan mencontoh format yang telah ada dibawah.
  • Sekolah Dasar Islam:  Sekolah dasar islam ini khsusu swasta dan biasanya memadukan pelajaran umum dan agama dengan satu kurikulum. Sepengalaman penulis, untuk izin tidak masuk sekolah pada jenjang ini lebih diperketat.


2. Format surat izin pendidikan menengah

Pendidikan menengah pertama

Sekolah ini dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan junior high school, jembatan antara sekolah dasar dan menengah atas. Lumrahnya siswa pada tingkatan ini sudah ngerti menulis surat izi tidak masuk sekolah.
macam-macam pendidikan menengah
  • Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)
  • Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI)
  • Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)
  • Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS).

Pendidikan menangah atas

Setelah lulus pendidikan menengah pertama, calon siswa dapat menempuh pendidikan menengah atas atau  Senior High School. Siswa pada jenjang ini sudah mulai dewasa dan telah memahami betul cara membuat surat izin sekolah.
Macam-macam pendidikan atas:
  • Sekolah menengah atas Negeri (SMAN)
  • Sekolah menengah atas plus / swasta (SMA Plus)
  • Sekolah menengah kejuaran negeri (SMKN)
  • Sekolah menengah kejuruan swasta (SMKS)
  • Madrasah aliyah negeri (MAN)
  • Madrasah aliyah swasta (MAS)
  • Madrasah aliyah kejuruan negeri (MAKN)
  • Madrasah aliyah kejuruan swasta (MAKS).

Cara membuat surat izin sekolah


Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Jatisrono

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua /  wali murid dari :

Nama    : Sulistiyo
Kelas    : X IPA 3
Alamat  : Desa Wagunan, Dusun Janti, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri

Dengan ini memberitahukan bahwa anak tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sedang sakit. Untuk itu saya selaku wali murid / orang tua siswa tersebut meminta izin kepada Bapak/Ibu guru.

Demikian surat izin ini saya buat, atas izin yang Bapak / Ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Wali murid / Orang tua


Deni Sukmara Anggara



Sobat bisa mengcopy contoh diatas agar mempermudah kalian untuk membuat surat izin. Namun saya menyarankan agar tidak menyalah gunakan surat tersebut. Beberapa siswa mungkin bisa saja membuat surat izin sekolah namun pada kenyataannya dia tidak sakit. Bahkan malah membolos sekolah. Jadi sobat harus benar-benar bijak. Gunakan sebagaimana mestinya.


Itulah artikel yang bisa saya buat sementara ini


Semoga bisa membantu ya guys. Pada update ke depan akan di tambahkan contoh lainnya agar sobat bisa memilih mana yang akan digunakan. Untuk informasi selanjutnya bisa kalian lihat / cari di bagian label artikel. Salam sehat untuk sobat Balbol semua. Jagalah kesehatanmu, karena itu merupakan salah satu hartamu.


Artikel surat izin lainnya

Untuk temen-temen yang membutuhkan contoh artikel surat izin lainnya bisa request di kolom kementar. Penulis membutuhkan saran dan masuk terkait contoh surat izin sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Surat Izin Sekolah yang Baik dan Benar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel