Ads 720 x 90

Makalah Pentingnya Mengimani kitab-kitab Allah SWT

Makalah Pentingnya Mengimani kitab-kitab Allah SWT -  Hai sobat, sebelumnya saya mengupdate artikel makalah alat optik. Kali ini saya juga melakukan pembaharuan artikel ini. Saya berharap dengan update yang dilakukan dapat menambah kualitas dari isi artikel ini yang berjudul makalah mengimani kitab-kitab Allah SWT. Langsung saja ya. Iman merupakan suatu perkara yang mendasari sesorang dalam beribadah. seperti yang kita ketahui ada enam rukun iman yang wajib kita percayai salah satunya iman atau mengimani kitab-kitab Allah SWT.

Sebagai seorang muslim kita harus benar-benar mengamalkan rukun iman dan rukun islam yang menjadi pedoman umat islam. Ini bisa kita mulai dengan diri sendiri. Berusaha melakukan apa yang di perintahkan olah Allah SWT dan sebisa mungkin menjauhi larangannya.

Selain dari diri sendiri, kita juga bisa memulainya dari orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. Karena pendidikan keluarga sangatlah penting untuk masa depan. Bila didalam keluarga menjalankan pendidikan islam yang baik, maka peluang kita menjadi seorang yang beriman tentu akan lebih besar. 

Nah.. Salah satu yang termasuk rukun iman adalah iman kepada kitab Allah SWT. Berikut adalah contoh makalah iman kepada kitab -kitab Allah SWT yang bisa dijadikan referensi dalam mengerjakan tugas dari guru pembimbing. Simak artikel di bawah ini.


MAKALAH “Pentingnya Mengimani kitab-kitab Allah SWT”



Di Susun Oleh :

Kelompok 1


1. Fitriani          
2. Iska     
3. Maulana           
4. Adi P                
5. Linda              
6. Mey

SMK IBU S. SOEMOHARMANTO
TAHUN 2017/2018


BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Agama adalah suatu peraturan yang jika dilaksanakan dengan sempurna (keseluruhan) dan dengan penuh ketaatan dan rapi maka manusia tidak akan kacau. Agama yang paling benar dan paling baik adalah yang dibuat oleh Allah SWT, sebab Dialah yang Maha Mengetahui tentang manusia dan kehidupan di dunia maupun di akhirat, karena Allah lah yang menciptakan manusia, agama dari Allah didistilahkan dengan agama Samawi.

Rukun agama terbagi menjadi 3, yaitu : Rukun Iman, Rukun Islam, Rukun Ihsan. Rukun Iman yang menjadi pokok permasalahan pada makalah ini, khusunya Iman Kepada Kitab-kitab Allah. Iman itu sendiri menurut bahasa berarti pembenaran hati. Sedangkan menurut istilah, Iman adalah membenarkan dalam hati,mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Jadi, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan tersebut.


2. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian Kitab dan Suhuf ?
  2. Bagaimana Dalil tentang Suhuf ?
  3. Bagaimana hubungan isi Suhuf dengan isi Al-Quran ?

3. Tujuan Pembuatan Makalah

  • Memberikan wawasan kepada pembaca.
  • Mengingatkan pula kepada pembaca agar lebih menjaga kitab-kitab Allah SWT.
  • Meyakini bahwa kitab-kitab tersebut benar datang dari Allah SWT.
  • Memenuhi tugas pendidikan agama islam.

BAB II PEMBAHASAN


1. Pengertian Kitab dan Suhuf

Kitab adalah kumpulan wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada para rosul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia. Sedangkan Suhuf adalah  wahyu yang disampaikan oleh Allah SWT kepada para rosul. Namun bentuk dari suhuf ini masih berupa lembaran-lembaran yang terpisah. Media yang digunakan biasanya ditulis di kertas, kulit, dan media lainnya ( belum dibukukan ).


Makalah Pentingnya Mengimani kitab-kitab Allah SWT

2. Dalil tentang Suhuf 

Dalil tentang suhuf ini berbunyi "wahai orang-orang beriman, tetaplah iman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab-kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. "(QS. An-Nisa '136).

Selain itu juga terdapat dalam Q.S. Al-Maidah '48 yang berbunyi " dan kami telah turunkan kepadamu Al-Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang terjadi sebelumnya, yaitu kitab-kitab ( yang diturunkan sebelumnya ) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu. Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, kami berikan aturan dan jalan yang terang, niscaya Allah menghendaki niscaya kamu dijadikan satu umat saja, tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu. Maka berlomba-lombalah berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah lah kembali kamu semuanya lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu perselisihkan."


3. Hubungan Suhuf dengan isi Al-Quran

Sebenarnya isi dari suhuf tidak berbeda jauh dengan Al-Quran. Yaitu berisi pedoman manusia untuk taat kepada Allah SWT, menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Hanya saja suhuf tidak selengkap Al-Quran dan tidak di bukukan.


BAB III PENUTUP

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Iman Kepada Kitab-kitab Allah yaitu membenarkan dalam hati dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT mempunyai kitab-kitab yang diturunkan kepada hamba-hambaNya dengan kebenaran yang nyata dan petunjuk yang jelas. Sedangkan Fungsi utama beriman kepada kitab Allah SWT adalah sebagai pedoman bagi umat manusia untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.


Saran

Demi kesempurnaan makalah kami selanjutnya, kami mengharapkan kritik dan saran dari  pembaca sekalian. Semoga makalah yang jauh dari kesempurnaan ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan yang membaca, khususnya bagi penulis, Terima kasih.

Itulah contoh makalah tentang iman kepada kita Allah SWT yang bisa saya bagikan. Semoga dapat manambah iman kita kepada-Nya dan membantu sobat dalam mengerjakan tugas. Untuk makalah atau informasi lain dapat anda cari di bagian label atau artikel populer. Semoga bermanfaat ya guys..

Sumber Referensi
Iman kepada Kitab Allah SWT 
Who is Allah SWT https://www.islamreligion.com/article/195/who-is-allah

Sumber gambar 
yiss.byethost31.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter