Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat!

Edukasi Balbol pada kesempatan kali ini akan kami akan menyajikan artikel dengan judul Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat! untuk para pembaca yang membutuhkan informasi tersebut.

Temen-temen sekolah yang ingin tahu Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat! bisa terus baca hingga selesai mungkin apa yang diinginkan ada jawabannya.
pada hari ini Rabu, April 03, 2024 Edukasi Balbol berusaha memberikan informasi valid tentang Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat! Selengkapnya bisa dilihat dibawah Request , dan artikel ini di publikasikan pada jam yang sebelumnya di publikasikan 2024-04-03T10:01:00-07:00 oleh moderator kami.

Berikut adalah 3 jenis status sosial dalam masyarakat:

  1. Ascribed Status (Status yang Diberikan)

    Jenis status ini diperoleh seseorang sejak lahir dan tidak dapat diubah. Contohnya adalah jenis kelamin, ras, suku bangsa, keturunan, dan kasta.

  2. Achieved Status (Status yang Dicapai)

    Jenis status ini diperoleh seseorang melalui usaha dan kerja kerasnya sendiri. Contohnya adalah pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan jabatan.

  3. Assigned Status (Status yang Ditentukan)

    Jenis status ini diberikan kepada seseorang karena kedudukannya dalam kelompok tertentu. Contohnya adalah status janda, duda, bupati, gubernur, dan presiden.

Status sosial seseorang dapat berubah selama hidupnya. Contohnya, seorang anak yang terlahir dari keluarga miskin (ascribed status) dapat meningkatkan status sosialnya dengan meraih pendidikan tinggi dan mendapatkan pekerjaan yang baik (achieved status). Atau, seorang bupati (assigned status) yang masa jabatannya telah habis, kembali menjadi rakyat biasa.

Perubahan status sosial dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti:

  • Usaha dan kerja keras
  • Pendidikan
  • Keberuntungan
  • Perubahan sosial

Perubahan status sosial dapat membawa dampak positif dan negatif bagi individu dan masyarakat. Dampak positifnya adalah peningkatan taraf hidup dan kesempatan yang lebih baik. Dampak negatifnya adalah kesenjangan sosial dan konflik antar kelas.

Belum ada Komentar untuk "Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat! "

Posting Komentar