Tips dan Trik Lulus Ujian Nasional

Tips dan Trik Lulus Ujian Nasional - Halo sobat kembali lagi dengan saya di blog edukasi.balbol.com ini. Pada artikel sebelumnya saya telah mengupdate makalah lama agar menjadi lebih berbobot isinya. Selain itu saya juga membuat sebuah artikel tentang cara cek NISN. Bila sobat belum tahu bisa di baca sambil nyantai dan ngopi. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips dan trik lulus ujian nasional.


Tips Lulus Ujian Nasional


Sumber gambar : freeimages.com

Ujian nasional menjadi salah satu syarat yang ditetapkan oleh negara dan dinas pendidikan untuk menentukan lulus tidaknya siswa disekolah. Meski beberapa kalangan menentangnya dan beranggapan bahwa ujian nasional dan lulus tidaknya seorang siswa tidak menjamin masa depannya. 

Bahkan banyak pengusaha sukses yang pada saat sekolahnya kurang berprestasi dan lulusan rendah. Sebagai contoh seorang pengusaha es krim Bapak Sanawi. Beliau pernah di undang ke acara stasiun TV Kick Andy. 

Disana ia menjelaskan bahwa tidak lulus SD. Namun dengan ketekunannya, pak Sanawi bisa sukses sebagai seorang pengusaha yang memiliki omset besar. Kita harus merubah mindset atau cara berpikir. Bukan seberapa tinggi pendidikan kita, namun seberapa keras usaha kita untuk sukses. Namun tetap, Doa adalah yang utama.

Memang benar itu semua, saya pun beranggapan seperti itu. Namun perlu kita ingat bersama setidaknya faktor pendidikan yang telah di dapat para siswa memberikan satu langkah lebih maju untuk masa depan. 


Tanpa berlama-lama lagi berikut tips dan trik lulus ujian nasional dari saya..


  1. Berdoa. Kenapa saya menempatkan hal ini pada nomer 1 ? Tentu doa adalah senjata yang paling ampuh. Kita harus memohon kepada Tuhan untuk diberi kelancaran dalam menempuh ujian nasional. Entah sobat beragama Islam, Kristen, Budha, Katolik, dan Hindhu. Doa menjadi elemen terpenting dalam kehidupan. So.. lakukan setiap hari ya. Tidak hanya ujian nasional namun juga untuk berbagai hal lainnya.
  2. Persiapkan diri. Dalam hal ini saya lebih menyarankan kepada sobat untuk mempersiapkan kondisi tubuh terlebih dahulu. Dengan kondisi yang fit dan sehat tentu dalam proses belajarnya akan mempermudah dan dapat mempelajari berbagai materi ujian nasional. Bila sakit ? ya tentunya akan sedikit menghambat kalian kan ?
  3. Doa orang tua. Ini salah satu hal yang menentukan menurut saya. Banyak dari siswa yang mengabaikan hal ini. Secara akal mungkin tidak masuk logika, namun itulah kekuatan doa orang tua kita. Percaya atau tidak tergantung dari kalian ya.
  4. Buat jadwal belajar. Ini perlu dilakukan agar sobat bisa memiliki waktu yang efektif dalam belajar. Jangan terlalu terbebani dengan berbagai macam materi ujian. Buat santai dalam belajar namun tetap usahakan apa yang kita pelajari sedikit-sedikit bisa kita pahami.
  5. Pelajari materi yang paling disukai. Kenapa saya menyarankan ini ? ada satu pertimbangan menurut saya. Dengan kita benar-benar memahami materi yang kita sukai, kita mempunyai peluang besar untuk bisa menyelesaikan materi tersebut. Kita buat materi/pelajaran yang kita sukai mendapat nilai tinggi untuk mendongkrak pelajaran lain.
  6. Belajar kelompok.Tips ini sangat saya sarankan. Selain dengan kita bisa berdiskusi tentang materi pelajaran, kita bisa bercanda dengan teman-teman. Itu sangat penting agar kita tidak stres dan pusing. 
  7. Pelajari kembali. Ini berlaku bagi sobat yang belum terlalu paham dengan materi yang disampaikan. Sobat bisa mempelajari kembali saat malam hari atau kapanpun waktu kesukaan kalian.
  8. Yakin. Sobat harus yakin bisa lulus. Dengan keyakinan dan doa yang kuat, insya allah akan diberikan jalan terbaik untuk sobat dalam menghadapi ujian nasional.

Itulah tadi tips dan trik lulus ujian yang bisa saya bagikan. Mungkin sobat punya pendapat atau trik lainnya ? Silahkan di cantumkan dikolom komentar ya. Semoga sobat dapat lulus dengan nilai terbaik dan membanggakan orang tua. Untuk informasi artikel lain sobat cari di label ya atau artikel populer. Salam sukses untuk kalian.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Lulus Ujian Nasional"

Posting Komentar