Apa yang Dimaksud Demokrasi ?

Apa yang Dimaksud Demokrasi - Secara umum demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana setiap warga memiliki hak yang sama dalam mengambil keputusan untuk hidup mereka. Demokrasi berasal dari bahasa Yunani "Democratia", yang berarti "kekuatan rakyat". Demokrasi terdiri dari dua kata yaitu "Demos" ( berarti orang ) dan "Cratos" ( berarti kekuasaan ).  


Demokrasi juga dapat diartikan bahwa bentuk pemerintahan yang dipegang oleh warga negara, atau warga negara memiliki kedaulatan. Demokrasi memungkinkan warga negara untuk berpartisipasi ( baik secara langsung atau diwakili ) dalam merumuskan, mengembangkan dan menetapkan hukum.

Di Indonesia, pemerintah menggunakan demokrasi perwakilan melalui pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat guna menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

Dengan menggunakan demokrasi perwakilan, diharapkan apa yang menjadi kepentingan masyarakat dapat tersampaikan dengan baik. Serta membuat masyarakat umum menjadi sejahtera.

Demokrasi sendiri meliputi kondisi sosial, ekonomi dan budaya yang memungkinkan kebebasan dan kesetaraan politik. Selain pengertian secara umum diatas, ada beberapa ahli dalam bidang ini yang mengungkapkan pendapat mereka tentang demokrasi.

Berikut ini pendapat para ahli tentang Demokrasi, langsung simak ya guys..


  • Abraham Lincoln. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diorganisasi dari orang-orang, oleh orang-orang dan untuk orang-orang. Atau lebih mudahnya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  • Merriem. Demokrasi adalah pemerintahan oleh orang-orang, terutama mayoritas, sebuah pemerintahan di mana kedaulatannya berada berada pada rakyat dan dilakukan oleh rakyat. Baik secara langsung maupun tidak langsung oleh sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan pemilihan bebas secara berkala. Orang awam memilih sumber otoritas politik. Tidak ada perbedaan kelas atau hak istimewa berdasarkan keturunan atau tirani.
  • Sidney Hook. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan impor pemerintah secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas oleh warga negara dewasa.
  • Hans Kelsen. Demokrasi adalah pemerintahan oleh dan untuk rakyat. Mereka yang menerapkan kekuasaan negara adalah perwakilan rakyat yang dipercaya, bahwa mereka akan memperhatikan keinginan dan kepedulian rakyat dalam mengimplementasikan kekuasaan negara.
  • C.F Kuat. Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana mayoritas senator warga negara berpartisipasi dalam politik berdasarkan sistem representatif yang memastikan bahwa pemerintah akan bertanggung jawab atas tindakan mereka yang paling utama.
  • Charles Costello. Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan sendiri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum untuk melindungi hak-hak individu warga negara.
  • John L. Esposito. Demokrasi adalah kekuatan dari dan untuk warga negara. Itulah sebabnya, setiap orang memiliki hak untuk berpartisipasi, baik secara aktif terlibat maupun mengendalikan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, ada pemisahan yang jelas antara elemen eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam lembaga resmi pemerintahan. 
  • Hannry B. Mayo. Demokrasi adalah kebijaksanaan umum yang ditentukan berdasarkan mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh orang-orang dalam pemilihan yang didasarkan pada prinsip kesetaraan politik dan diorganisasikan dalam kebebasan politik.
  • Samuel Huntington. Demokrasi adalah pembuatan keputusan kolektif paling kuat yang dipilih melalui pemilihan yang adil, jujur, dan berkala. Dalam sistem itu, para kandidat bebas untuk bersaing mendapatkan suara, dan hampir semua warga negara yang dewasa dapat memilih.

Demikianlah arti dari Demokrasi yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Penjelasan dari beberapa ahli diatas sangatlah kredibel dan terpercaya. Karena memang telah melakukan penelitian dan beberapa pertimbangan sebelum mengemukakan pendapatnya. 

Pendapat para ahli tersebut biasa kita cantumkan dalam pembuatan makalah, karya tulis dan laporan lainnya untuk menambah data di dalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu. Untuk artikel lain bisa sobat cari di bagian label ya. Salam sukses untuk kalian guys..

Belum ada Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Demokrasi ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel